Profil Program Doktor Ilmu Pertanian

Latar Belakang
Dengan kemajuan ilmu dan teknologi di bidang Pertanian yang sangat pesat pada era globalisasi saat ini maka setiap perguruan tinggi tuntut untuk menyediakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan professional. Program Pascasarjana Pertanian USU Program Doktor (S3) Ilmu Pertanian sebagai salah satu Program Studi Pascasarjana Universitas Sumatera Utara bertujuan untuk menghasilkan lulusan (doktor) yang berkualitas dan profesional di bidang ilmu Pertanian khususnya agronomi, pemuliaan tanaman ilmu tanah dan hama penyakit. Penyelenggaraan program S3 Ilmu Pertanian telah berlangsung sejak tahun 2003 dengan surat keputusan pendirian oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi nomor 3209/D/D/T/2002. Dan terakreditasi dengan nilai B berlaku dari tanggal 24 Agustus 2013 sampai 24 Agustus 2018.

 

Visi

Program Doktor (S3) Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian USU merupakan pusat pendidikan lanjutan dan penelitian di bidang ilmu Pertanian, khususnya dalam bidang agronomi, ilmu tanah ,pemuliaan tanaman, hama dan penyakit tumbuhan yang terkemuka di Indonesia dan memiliki reputasi Internasional, khususnya di Asia Tenggara pada kurun waktu 10 (sepuluh) tahun mendatang.

 

Misi

Program Doktor (S3) Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian USU menghasilkan lulusan (Doktor) yang mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi Pertanian, khususnya bidang agronomi, ilmu tanah, pemuliaan tanaman, hama dan penyakit tumbuhan, sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi dalam rangka meningkatkan produk-produk Pertanian sebagai basis mengembangkan industri di bidang Pertanian yang berkelanjutan.