Seminar Nasional Masyarakat Peneliti Kayu (MAPEKI) XVII

Medan- FP. Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia (MAPEKI) adalah organisasi profesi dalam bidang kehutanan, khususnya bidang Teknologi Hasil Hutan yang dibentuk pada bulan Agustus 2006. MAPEKI telah beranggotakan lebih dari 600 orang dari 46 institusi di Indonesia. Fokus kegiatan penelitian dan bidang keahlian para anggotanya meliputi ilmu pengetahuan dan teknologi kayu, teknologi hasil hutan, serta ilmu kehutanan umum.

image0042

Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seminar Nasional MAPEKI XVII. Kegiatan Seminar Nasional MAPEKI dilaksanakan pada tanggal 11 November 2014 di Hotel Garuda Plaza dengan ketua panitia Dr. Rudi Hartono, S.Hut., M.Si

Tema yang dipilih pada seminar kali ini adalah “Optimalisasi Pemanfaatan Biomassa dari Hutan dan Perkebunan sebagai Upaya Konservasi Lingkungan”. Hal ini mengingat bahwa selain memiliki hutan, Provinsi Sumatera Utara juga memiliki perkebunan yang luas, baik itu perkebunan kelapa sawit, maupun perkebunan karet. Dalam upaya pemanfaatan biomass dari hutan dan perkebunan diperlukan banyak penelitian sampai menghasilkan suatu produk bernilai tinggi. Teknologi yang dibutuhkan bisa dalam tingkat rendah (sederhana) sampai ke tingkat rumit (nano-science) tetapi harus digabungkan dalam suatu proses yang terintegrasi dan dapat diterapkan terutama oleh industri kecil dan menengah.
Diharapkan pemanfaatan biomass dari hutan dan perkebunan secara terintegrasi akan mampu mengurangi tekanan terhadap hutan alam. Jika tekanan terhadap hutan alam berkurang dan kelestariannya dapat dijaga, berarti pemanfaatan biomass tersebut merupakan salah satu usaha dalam perlindungan terhadap lingkungan hidup (environment conservation)

seminar 3
Acara seminar dibuka oleh Wakil Rektor I (Prof. Ir. Zulkifli Nasution, M.Sc., Ph.D). Hadir pada acara tersebut Dekan Fakultas Pertanian USU (Prof. Dr. Ir. Darma Bakti, MS.), Wakil Dekan I Fakultas Pertanian USU (Dr. Ir. Hasanuddin, MS.), Dekan Pascasarjana USU (Prof. Dr. Erman Munir) dan Sekda Kota Medan (Ir. Saeful Bahri), serta peserta anggota MAPEKI.

Pelaksanaan seminar dilaksanakan secara paralel dalam 7 bidang yaitu : 1) Sifat Dasar dan Hasil Hutan Bukan Kayu; 2) Biokomposit; 3) Keteknikan dan Pengerjaan Kayu; 4) Kimia Hasil Hutan dan Bioenergi; 5) Biodegradasi dan Perbaikan Sifat Kayu; 6) Silvikultur dan Bioteknologi, 7) Kehutanan Umum. Keynote Speaker pada seminar ini disajikan oleh Dr. rer. Silv. Erwinsyah, S.Hut.,MSc dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit dengan moderator Prof. Dr. Erman Munir, M.Sc. Selain Keynote speaker, pada kegiatan seminar MAPEKI juga ada invited speaker pada setiap bidang, sehingga ada 7 invited speaker.


Seminar Nasional MAPEKI XVII kali ini dihadiri oleh 175 orang peserta dan menyajikan tidak kurang dari 143 makalah hasil penelitian terdiri dari 116 makalah oral dan 27 makalah poster. Naskah-naskah tersebut berasal dari 40 Instansi dari seluruh penjuru tanah air, dari mulai provinsi Nangro Aceh Darussalam sampai Provinsi Papua Barat, yang memuat hasil-hasil penelitian terbaru di bidang pengolahan hasil hutan, pengelolaan hutan maupun bidang terkait lainnya.