Penelitian

Pandangan Pimpinan Fakultas Pertanian Tentang Perspektif : Kesesuaian Dengan Visi Dan Misi, Kecukupan, Kewajaran, Upaya Pengembangan Dan Peningkatan Mutu, Serta Kendala-Kendala yang dihadapi.

Ada upaya yang dilakukan oleh Fakultas untuk meningkatkan jumlah penelitian bagi dosen. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan pendampingan pada dosen yang akan membuat proposal penelitian, serta memanggil dosen-dosen secara kontinyu dalam rangka memberi motivasi untuk membuat penelitian. Penelitian yang dilakukan Fakultas Pertanian USU disusun berdasarkan dosen yang ada di Program Studi. Dari judul-judul penelitian yang telah dilaksanakan dan dilaporkan sudah berjalan sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran dari masing-masing Program Studi serta visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Pertanian USU.

Dari 143 judul penelitian yang sudah dilakukan selama empat tahun terakhir ini telah melibatkan 283 dosen yang berarti hal ini merupakan suatu peningkatan. Rata-rata dosen yang meneliti 283/4 = 71 dosen/tahun. Dosen yang terbanyak melakukan penelitian adalah pada tahun 2014. Pimpinan terus mendorong semua dosen supaya membuat penelitian dengan mengajukan proposal ke DIKTI melalui LP USU, terutama kepada dosen-dosen muda. Untuk mendapatkan dana penelitian ini harus membuat proposal yang berkualitas dan dapat bersaing, maka dengan itu pimpinan selalu mengutus dosen untuk mengikuti setiap pelatihan pembuatan proposal, baik yang dilakukan oleh Universitas maupun DIKTI. Beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu penelitian dosen-dosen di lingkungan Fakultas Pertanian sebagai berikut:

  • Menyusun Agenda Penelitian
    Pimpinan Fakultas menghimbau agar setiap program studi di lingkungan FP menyusun dan menetapkan roadmap penelitian merujuk pada kesesuaian visi, misi dan keahlian masing-masing program studi. Penelitian dosen dan mahasiswa harus sesuai dengan roadmap yang telah disusun dan ditetapkan oleh masing-masing program studi.
  • Publikasi hasil penelitian di jurnal lokal, nasional terakreditasi DIKTI dan internasional terindeks Scopus.
    Berdasarkan surat edaran DIKTI tanggal 27 Januari 2012 No 152/E/T/2012 tentang kewajiban publikasi bagi program sarjana, magister dan doktor. Merujuk pada surat edaran DIKTI tersebut maka Rektor USU mengeluarkan SK No 1282/UN.5.1.R/SK/SPB/2012 tentang publikasi karya ilmiah bagi lulusan program sarjana, magister dan doktor di lingkungan USU maka dengan hal tersebut Pimpinan Fakultas Pertanian mewajibkan untuk setiap mahasiswa yang akan wisuda terlebih dahulu mempublikasikan hasil penelitiannya baik di jurnal cetak atau online pada masing-masing program studi. Setiap program studi di lingkungan Fakultas Pertanian memiliki jurnal cetak maupun elektronik (E-Jurnal).

Upaya dilakukan oleh pimpinan fakultas untuk keberlanjutan pelaksanaan penelitian program studi maka semua program studi harus memenuhi aspek berikut ini:

  • Memiliki agenda penelitian yang terukur
  • Tersedianya Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana untuk pelaksanaan penelitian secara berkesinambungan.
  • Mengembangkan jejaring penelitian dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, lembaga penelitian negeri maupun swasta dan stakeholder lainnya.
  • Mencari sumber dana penelitian baik yang bersumber dari dalam maupun luar negeri.

No

Nama Program Studi

Total Jumlah Penelitian
2012 2013 2014 2015
1 AET   15 7 18 9
2 AGB 2 15 12 12
3 ITP 5 5 3 1
4 PTN 6 7 13 5
5 TEP 2 7 7 -
6 HUT 10 1 1 2
7 MSP - 1 1 -
Total 40 43 55 19