Pengabdian

Perspektif dan Kesesuaian Kegiatan Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Visi dan Misi, Kecukupan, Kewajaran, Upaya Pengembangan Dan Peningkatan Mutu.
Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian pada masyarakat maka pimpinan fakultas Pertanian USU selalu mendorong para dosen untuk melakukan pengabdian pada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh masing-masing program studi berupa kegiatan penyuluhan, pelatihan, ceramah dan workshop yang melibatkan masyarakat luas. Dari 82 judul pengabdian pada masyarakat yang sudah dilakukan selama tiga tahun terakhir ini telah melibatkan 157 dosen berarti ini sangat menggembirakan. Rata-rata dosen yang melakukan pengabdian pada masyarakat 157/3 = 52 dosen/tahun. Pengabdian pada masyarakat yang dilakukan para dosen sudah sesuai dengan Visi dan Misi Fakultas Pertanian maupun Universitas Sumatera Utara. Kegiatan pengabdian pada masyarakat belum merata dilaksanakan oleh masing-masing program studi. Di tahun mendatang masih perlu ditingkatkan jumlah dan keterlibatan dosen dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Untuk pembuatan proposal pengabdian pada masyarakat pimpinan fakultas Pertanian USU juga selalu mendorong dosen supaya ikut dalam pelatihan pembuatan proposal yang berkualitas dan dapat bersaing baik dilakukan Universitas maupun DIKTI. Disamping itu untuk Dosen yang akan naik pangkat harus ada pengabdian pada masyarakat yang dilakukan dosen tersebut.

 

No

 

Nama Program Studi

Jumlah Judul Kegiatan

Pelayanan/Pengabdian

Kepada masyarakat

2012 2013 2014 2015
1 AET 11 16 14 3
2 AGB 3 1 2 -
3 ITP 3 5 4 2
4 PTN 3 3 4 3
5 TEP - - - 1
6 HUT 2 4 6 3
7 MSP - 1 1 -
Total 22 30 31 12