Shadow
Slider

KUNJUNGAN DOSEN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA DI PSDKU-USU NIAS UTARA

Kali ini PSDKU-USU Nias Utara kedatangan dua orang Dosen dari FP USU yaitu Ameilia Zuliyanti Siregar, S.Si., M.Sc, Ph.D (Dosen Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan) dan Dr.Ir.Charloq,MP (Dosen Agronomi).

Ibu Ameilia dan Ibu Charloq selaku dosen di Fakultas Pertanian USU sangat antusias pada program ini dan terharu melihat semangat para mahasiswa yang tinggi saat mengikuti perkuliahan. Ibu Ameilia mengatakan, “Pengelolaan pertanian dapat ditumbuhkembangkan pada mahasiswa dan petani di Nias Utara. Tanaman padi, kelapa, karet, pinang, kakao, jagung, pisang dan hortikultura diproduksi dalam jumlah besar, tetapi masih dalam bentuk mentah”. Sedangkan Dr Ir Charloq mengatakan, “Hingga kini, getah karet bahkan masih dikapalkan dalam bentuk bongkahan karena tidak adanya pabrik karet”.

2 Nias

Awalnya Universitas di Nias Utara disebut Aknira (Akademi Komunitas Negeri Nias Utara) bekerja sama dengan Politani Payakumbuh, namun ditutup pada tahun 2019. Kemudian dibuka PSDKU USU pada Tahun 2021.

Karena itu, PSDKU USU hadir di Nias merupakan bentuk kepedulian USU untuk pendidikan di daerah tertinggal. USU ingin membantu mengembangkan SDM di Nias agar dapat membangun daerahnya ke depan menjadi daerah yg berkembang sesuai dengan potensinya, di bidang pertanian, peternakan dan sumberdaya perikanan.

Perkuliahan sejak Tahun 2021 dilaksanakan secara online karena Pandemi Covid-19, maka Tahun 2022 dimulai secara offline. PSDKU-USU Nias Utara telah menjalankan kegiatan perkuliahan selama tiga semester. Diharapkan lima tahun mendatang, inisiasi pembukaan universitas dengan lima Fakultas antara lain Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Perikanan dan Fakultas Ilmu Budaya.

Program PSDKU telah membuka Prodi Agroteknologi dan Manajemen Sumber Daya Perairan. Semester III ini pada dua prodi yang telah berjalan diikuti 35 orang mahasiswa, dan di Semester I sebanyak 29 orang mahasiswa.

1 Nias

Nias memiliki potensi pengelolaan lahan pertanian yang tinggi. Di samping pantai yang indah dengan potensi laut yang perlu dikelola menjadi sumber protein hewani tepat guna. Sebelumnya, Rektor USU Dr Muryanto Amin, SSos, MSi bekerja sama dengan Pemkab Nias Utara menginisiasi terbentuknya Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) USU, karena di Nias Utara telah terdapat 38 SMA/SMK. Beliau mengatakan bahwa Nias merupakan potensi lokal sumber daya manusia yang akan dikembangkan dengan animo masyarakat tinggi untuk kuliah demi mewujudkan ‘Transformation Towards Ultimated’.

 

admin