Pengabdian Kepada Masyarakat USU Mendorong Inisiasi Pertanian Padi Organik dengan Memanfaatkan Mikroorganisme Dekomposer di Hamparan Perak

20210911 140846 min

Kecamatan hamparan Perak merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Deli Serdang, provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Mayoritas masyarakat bermata pencaharian bertani dengan tanaman utama adalah tanaman pangan seperti padi, jagung dan kedelai, sebagian kecil ada yang menanam sayur-sayuran. Disamping itu ada juga masyarakat yang beternak sapi juga sebagai usaha sampingan petani.

Sampai saat ini, budidaya tanaman pangan khususnya padi yang dilakukan petani di desa Kota Datar Kecamatan Hamparan Perak masih menggunakan budidaya konvensional dengan menggunakan pupuk kimia sintesis secara terus-menerus. Penggunaan pupuk kimia sintesis dalam jangka panjang dapat berpengaruh buruk terhadap lingkungan. Disamping itu, permasalahan pupuk memang sering kali menjadi faktor penghambat pembangunan pertanian. Hal ini disebabkan antara lain harga pupuk yang relative tinggi, persediaan yang terbatas, jenis dan mutu yang semakin menurun yang membuat petani sulit untuk mendapatkan pupuk sesuai kebutuhannya. 

Salah satu alternatif untuk mengantisipasi dan mengatasi kelangkaan pupuk adalah petani dianjurkan untuk menggunakan pupuk organik. Pemberian bahan oranik dapat memperbaiki sifat kimia tanah. Karena itu penggunaan pupuk organik ini harus disosialisasikan kepada masyarakat petani. Melihat potensi yang ada pada daerah di Kecamatan Hamparan Perak dalam penerapan ipteks untuk membudidayakan padi berbasis organik dengan menggunakan pupuk organik yang ramah lingkungan sangat cocok untuk dilaksanakan.