Prodi Teknologi Pangan FP USU Sukses Selenggarakan Webinar Top Scientist

Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara sukses menyelenggarakan Webinar Top Scientist dengan tema “Global Halal Food in Industry and Marketing, between Faith and Science Fact” secara virtual melalui zoom meeting dan live streaming youtube pada Selasa 7 Desember 2021. 

 

Dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari berbagai kalangan seperti dosen, mahasiswa, dan praktisi, webinar  ini menghadirkan Prof. Joe M Regenstein (Department of Food Science, Cornell University, USA) dan Prof. Irwandi Jaswir (Director of INHART, International Islamic University, Malaysia) sebagai pemateri dan webinar ini dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Tavi Supriana, M.S. Dalam sambutannya, beliau menyambut antusias webinar top scientist sebagai bagian dari internasionalisasi kampus sesuai dengan arahan Rektor Universitas Sumatera Utara yang mengusung tagline transformation towards the ultimate. Selain itu, beliau juga berharap semoga acara-acara seperti ini dapat menjadi momentum bagi mahasiswa dan dosen di Fakultas Pertanian untuk memperluas jejaring internasional dan mengaplikasikannya ke dalam bentuk Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Screen Shot 2021 12 07 at 17.49.21

Pembukaan oleh Dekan FP USU Dr. Ir. Tavi Supriana, M.S.

Dimoderatori oleh Sekretaris Program Studi S-1 Tekonologi Pangan Adrian Hilman STP., M.Sc., webinar ini terbagi menjadi 2 sesi. Prof. Joe M Regenstein didaulat sebagai pembicara  pada sesi I dengan materi “The Animal Welfare Debate Around The Religious Slaughter of Animals: What do we actually know?”. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan mengenai isu-isu terkait penyembelihan halal yang masih sering mendapat kecaman di Dunia Barat dan hal-hal apa saja dilakukan untuk menepis kecaman tersebut sehingga penyembelihan dengan cara halal dapat menjadi skala yang besar dengan tetap mempertahankan peraturan penyembelihan halal, aturan-aturan terkait kitab suci (Al-Qur’an) dan kesejahteraan hewan yang baik.

Screen Shot 2021 12 07 at 17.41.17

Moderator Adrian Hilman, STP., M.Sc.

Screen Shot 2021 12 07 at 17.38.06

Pemateri sesi I:  Prof. Joe M Regenstein

Pada sesi kedua, Prof. Irwandi Jaswir bertindak sebagai pembicara utama  dengan tema “Food Analysis, Authenticity, and Halal”  Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan beberapa tantangan yang dihadapi dalam memenuhi persyaratan kehalalan dan kualitas sebuah produk seperti sdibutuhkannya istem monitoring atau audit yang lebih ketat oleh otoritas halal, diperlukannya metode ilmiah yang mutakhir dan reliable dalam menganalisis komponen non halal dalam produk, serta teknik analisis menjadi tantangan utama dalam otentikasi produk. Acara ini ditutup oleh sesi tanya jawab antara audiens dengan pemateri.

Screen Shot 2021 12 07 at 17.46.23

Pemateri Sesi II: Prof. Irwandi Jaswir