Lapakbuah.com dan USU Luncurkan Konsep Mitra Investasi Tani

 sumber: https://home.lapakbuah.com/blog/2021/08/27/lapakbuah-com-dan-usu-luncurkan-konsep-mitra-investasi-tani/

You are currently viewing Lapakbuah.com dan USU Luncurkan Konsep Mitra Investasi Tani

Hari Jumat, 27 Agustus 2021 yang lalu, Tim Lapakbuah.com menjadwalkan kunjungan resmi ke Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU). Dalam pertemuan kali ini Tim lapakbuah.com yang dikomandoi Bp. Ir. M. Zein Ginting disambut hangat oleh pihak Fakultas Pertanian USU, yang dalam hal ini diwakili oleh Dekan Fakultas Pertanian, Ibu Dr.Ir.Tavi Supriana MS yang membawahi enam program studi antara lain Program Studi (PS) Agrotech, PS AgriBisnis, PS Ilmu Teknologi Pangan, Teknik Pertanian, Peternakan dan Sumber Daya Perikanan.

Dari keenam program tersebut, ada 5 program yang sangat berkaitan dengan Lapakbuah.com dan Program “Kampung Buah” yang saat ini sedang dirintis oleh PT. TDI selaku Induk E-Com dari Lapakbuah.com.

Mitra Investasi Tani

(kiri ke kanan : Bapak Wakil Dekan 2, Bp. Refendy Damanik, Dekan Fakultas Pertanian USU Ibu. Dr. Ir. Tavi Supriana, Bp. H. Ridwan (Lapakbuah.com) dan Bapak Ir. M Zein Ginting (Founder Lapakbuah.com)

Dalam pertemuan kali ini, ada dua poin penting yang disepakati antara Fakultas Pertanian USU dengan Lapakbuah.com yaitu kegiatan penjajakan program, yang terkait dengan Konsep Mitra Tani di E-Com Lapakbuah.com, antara lain Kegiatan Mitra Investasi Tani.

Menurut informasi dari Fakultas Pertanian USU bahwa ada Program Penelitian Dosen dengan anggaran sebesar 30 juta/Dosen Peneliti. Menindaklanjuti hal ini maka nantinya Ibu Dr. Ir. Tavi Supriana akan mengajak para Dosen Peneliti lain untuk bisa ber-investasi bagi para petani yang mendaftarkan diri secara online di kegiatan Mitra Investasi Lapakbuah.com dan telah diverifikasi /dianalisa oleh tim bersama yang dibentuk oleh Lapakbuah.com dan Fakultas Pertanian USU.

Nantinya kegiatan ini akan melibatkan pula POKTAN, PPL dan KaDes setempat, dimana akan ada uji coba pengembangan produk yang meliputi budidaya melon, semangka, sayur kol, wortel, cabe, tomat dan komoditi hortikultura lainnya yang memiliki masa panen 3 – 4 bulan.

Setelah uji coba kegiatan diatas berhasil, maka selanjutnya Fakultas Pertanian USU akan merekomendasikan skema Program MITRA INVESTASI melalui LapakBuah.com, kepada masyarakat.

Adapun masukan dari Ibu Dr. Ir. Tavi Supriana selaku Dekan Fakultas Pertanian USU, agar dana investasi dari Investor tersebut digelontorkan tidak dalam bentuk cash, namun berupa bibit yang berkualitas, pupuk dan obat-obatan serta biaya Tenaga Kerja. Kemudian akan ada pula kegiatan kunjungan rutin dan Progress Report kepada Investor.

Hal lain yang dibahas adalah harapan agar Lapakbuah.com sekaligus dapat membantu memasarkan hasil produksi pertanian tersebut.

Keterlibatan Mahasiswa/i

Selain itu Ibu Dekan dan Bapak Wakil Dekan 2, Bp. Refendy Damanik, sangat menyambut baik usulan dari tim Lapakbuah.com untuk melibatkan secara langsung para mahasiswa/i Fakultas Pertanian USU sebagai Dropshipper atau Re-Seller dalam hal penjualan produk-produk dari Lapakbuah.com, dengan kategori produk : Buah Nusantara, Sayuran & Bumbu, Rimpang & Rempah, Bibit Biji & Grafting , Tambulapot, Pupuk, Obat-obatan, dll.

Menurut rencana pada minggu kedua di bulan Oktober 2021 akan dilakukan FGD (Focus Group Discussion) antara Fakultas Pertanian USU dengan 6 Ketua Program Studi (yang menurut rencana akan dilantik pada 1 Oktober 2021) bersama dengan Tim dari Lapakbuah.com guna membahas poin-poin penting diatas melalui aplikasi meeting online.

Program Kampung Buah di kab. Deli Serdang SUMUT

Adapun rencana untuk 6 buah desa yang akan dijadikan kawasan agro business adalah meliputi Desa Liang Pematang, Liang Muda, Tanjung Muda, Tanjung Raja, Durian Tinggung & Desa Bah Buntu di Kecamatan STM HULU – Kabupaten DELI SERDANG. Untuk kegiatan ini, Tim Lapakbuah.com, sebelumnya bersama Dr. Syahrir selaku Kordinator Program Desa Binaan USU telah sempat membahasnya bersama Prof. Tinus (Ketua LPPM USU) untuk dapat dinaikkan kerjasamanya hingga ke tingkat Kecamatan. Pihak Lapakbuah.com juga mengharapkan Keterlibatan Fakultas Pertanian USU agar dapat lebih dominan dalam hal penanganan Program Kampung Buah tersebut.

Ada 2 Program Utama Kemasyarakatan yang disambut baik oleh Pihak Fakultas Pertanian USU, yaitu : Program BUDIDAYA KEBUN LENGKENG & ALPUKAT UNGGUL serta HORTIKULTURA sebagai Tanaman Sela (Tumpang Sari). Dimana pihak USU akan melibatkan 5 Program Studi untuk ikut berperan aktif. Serta Program INDUSTRI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN.

Dalam pertemuan ini disepakati bersama untuk mendalami usulan Proses Produksi untuk mendapatkan nilai tambah dari hasil pertanian masyarakat, yang meliputi :

  1. Budidaya Jagung Manis hingga produk Frozen Food untuk swalayan & ekspor.
  2. Proses produksi Jahe menjadi tepung Jahe siap jual untuk dalam dan luar negeri, dalam bentuk kemasan.
  3. Proses pengolahan buah Salak hingga menjadi Selai Roti, Manisan, Jus, dll.
  4. Proses olahan pisang kepok, dll.

Menindaklanjuti dua program kemasyarakatan diatas, Ibu Dekan dan Bp. WaDek Fakultas Pertanian USU bersama Rektor dan Jajaran Kampus USU akan segera melakukan kunjungan lapangan ke kebun binaan LapakBuah.com serta meninjau 6 lokasi Desa yang akan menjadi Program Kampung Buah Ter-Integrasi yang menurut rencanak akan dilakukan di tanggal 3 September 2021.

Semoga semua program yang telah dikonsep dan direncanakan bersama dengan universitas terbesar di sumatera utara ini, akan dapat  memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para petani dan dunia pertanian Indonesia, pada umumnya.

Oiya, bagi teman-teman yang ingin belanja online untuk produk buah segar, bumbu, rimpang, pupuk, bibit, tambulapot, dll silahkan klik DISINI…

Oleh : Wan