FP USU lakukan pelatihan ASA bagi mahasiswa dan E-Learning USU bagi dosen

Fakultas Pertanian USU lakukan sosialisasi secara daring mengenai Pengenalan dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Satu Atap (ASA) USU pada Sabtu, 28 Agustus 2021 yang lalu. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian USU Dr. Ir. Tavi Supriana, MS dan materi mengenai tata cara penggunaan Aplikasi Satu Atap (ASA) dibawakan oleh Fetaro Zendrato, S. Kom dan Maulida Sari, S.Kom selaku administrasi ASA Fakultas Pertanian USU.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Tavi Supriana, MS menyampaikan bahwa ASA merupakan aplikasi daring yang dirancang untuk mempermudah layanan administrasi akademik mahasiswa. Sistem ini sangat sesuai dengan kondisi pandemi COVID-19 saat ini, dimana mahasiswa tidak perlu lagi untuk datang ke kampus karena ASA dapat diakses dari manapun selama terhubung dengan jaringan internet. Saat ini terdapat 25 layanan surat yang mampu dilayani sistem ASA, ke depannya diharapkan terdapat penambahan layanan surat tersebut. “ASA adalah usaha kita untuk melakukan pelayanan terbaik untuk mahasiswa. Jika nantinya ini bisa diterapkan, mudah-mudahan keluhan mahasiswa dalam mengurus surat administrasi dapat dijawab dengan ASA,” ungkap dekan Fakultas Pertanian tersebut.

 

Screen Shot 2021 08 30 at 10.56.33

Dekan FP USU membuka sosialisasi Pengenalan dan Pelatihan Penggunaan ASA

 

Materi mengenai Pengenalan dan Pelatihan penggunaan ASA disampaikan oleh oleh Fetaro Zendrato, S.Kom dan Maulida Sari, S.Kom sembari melakukan simulasi langsung menggunakan aplikasi tersebut. Fetaro Zendrato menjelaskan tentang tata cara pengajuan surat di aplikasi ASA Fakultas Pertanian yang dapat diakses melalui laman asa.usu.ac.id dengan menggunakan NIM untuk masuk ke laman tersebut.  “Dengan ASA, kita dapat memantau dan melihat status surat yang telah kita ajukan pada menu ASA,” ujarnya. Terdapat 4 status surat yakni surat belum diverifikasi oleh operator, surat sedang dalam proses sudah diverifikasi oleh operator, permohonan surat ditolak, dan surat selesai diproses. “Surat yang sudah selesai dapat diunduh pada aplikasi tersebut untuk dicetak. Jika tertolak, umumnya ada alasan yang jelas mengapa surat tersebut ditolak,” tambahnya.

 

Screen Shot 2021 08 30 at 11.32.14 Demo penggunaan ASA oleh Fetaro Zendrato, S.Kom

 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dari 6 program studi yang berada di bawah Fakultas Pertanian yaitu Agroteknologi, Agribisnis, Keteknikan Pertanian, Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, dan Manajemen Sumberdaya Perairan.

 

Screen Shot 2021 08 30 at 12.51.51Mahasiswa menghadiri pelatihan ASA 

 

Bersamaan dengan sosialisasi Pengenalan dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi ASA bagi mahasiswa, diadakan pula Pelatihan Penggunaan E-Learning USU bagi seluruh dosen di lingkungan Fakultas Pertanian USU yang juga dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian USU yakni Dr. Ir. Tavi Supriana, MS. Bertindak sebagai narasumber adalah Muhammad Khaliqi, S.P., M.Si. dari Unit Pengembangan dan Pelayanan Pendidikan USU.

 

WhatsApp Image 2021 08 28 at 10.12.39Dekan FP USU membuka kegiatan Pelatihan Penggunaan E-Learning USU

 

Mengutip dari surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Pelaporan Kinerja Bidang Pembelajaran Daring, tertulis bahwa Pimpinan Perguruan Tinggi dapat melaporkan kegiatan pada bidang pembelajaran daring dengan mengisi kuesioner pada Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia dan mengintegrasikan Learning Management System (LMS) PT dengan SPADA Indonesia. Hal tersebut meningkatkan urgensi pemakaian LMS pada masing-masing perguruan tinggi. Dan saat ini, E-learning USU merupakan salah satu LMS PT yang sudah terintegrasi dengan SPADA Indonesia. Perlu diketahui, E-Learning USU mendukung berbagai mode pembelajaran bauran seperti konseptual dan ekeperiental, sinkron dan sinkron, daring dan luring, soft skill dan hard skill, instruksi dan serta interaksi.

 

WhatsApp Image 2021 08 28 at 10.12.40 2

 

Muhammad Khaliqi, S.P., M.Si. yang juga terdaftar sebagai dosen di Program Studi Agribisnis FP USU memandu pelatihan dengan mendemokan secara langsung tata cara penggunaan E-Learning USU mulai dari cara mahasiswa enroll ke mata kuliah, membuat tautan kuliah daring, membuat daftar hadir, menggugah file, membuat tugas, membuat kuis, hingga cara  import materi untuk kelas paralel.  Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan semakin banyak dosen USU yang familiar dan menggunakan E-learning USU sebagai media pembelajaran daring.

 

WhatsApp Image 2021 08 28 at 10.12.40Narasumber Pelatihan E-Learning USU: Muhammad Khaliqi, S.P., M.Si.