Guru besar Fakultas Pertanian USU Lakukan Pengabdian Masyarakat Profesor Mengabdi di SMA Swasta HKBP Sidorame

DOKUMENTASI KEGIATAN DI SEKOLAH SMA HKBP BERSAMA SISWA DAN GURU Noverita Sprinse Vinolina

Universitas Sumatera Utara (USU) peduli dan berdampak bagi permasalahan sekitar dengan melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di SMA SWASTA HKBP SIDORAME Medan dengan memberi solusi dan perbaikan pada Sanitasi dan Konservasi Air melalui Program Professor Mengabdi USU,  Ciptakan Lingkungan Sekolah Hijau, Bersih dan Bebas Banjir.

Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Ir. Noverita Sprinse Vinolina, M.P. sebagai Ketua beserta Dr. Martha Rianna, S.Si melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan Perbaikan Sanitasi dan Konservasi Air di SMA SWASTA HKBP SIDORAME Medan setelah memahami permasalahan yang terjadi dengan berdiskusi bersama Kepala sekolah Ibu Dra. Noralice Simbolon, Ketua Yayasan  Bapak Berman Sidauruk, SH, SpN dan Tim.

Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Dr. Ir. Noverita Sprinse Vinolina, M.P. menyampaikan bahwa fasilitas sanitasi sekolah ini, harus memenuhi syarat kesehatan yang telah ditentukan agar dapat mendukung penyelenggaraan kesehatan lingkungan di sekitar sekolah, bebas banjir dan mencegah penularan penyakit di lingkungan sekolah. Solusi yang diberikan oleh Guru Besar USU tersebut adalah dengan melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan sekolah agar terhindar dari banjir / genangan air akibat hujan atau pun aliran air yang tidak berjalan lancar dengan membongkar, memperbaiki  serta membersihkan saluran air yang kurang lancar, membuang sampah-sampah yang menghambat jalannya di aliran air. Kegiatan membongkar dan mengganti paving blok yang telah rusak dan selalu tergenang air atau lambat meresap disebabkan celah/pori tertutup.  Dengan demikian bila terjadi hujan, air tidak cepat meresap yang menyebabkan banjir atau genangan air di sekitar sekolah.  Pembuatan beberapa titik biopori di areal paving blok di halaman sekolah.  Kini aliran air dapat berjalan dengan lancar. 

Kondisi yang kurang menyenangkan adalah satu sisi sekolah yang selalu banjir bila turun hujan, menyebabkan kegiatan belajar mengajar menjadi terganggu.  Permasalahan ini perlu diatasi dengan melakukan perbaikan melaui pengecoran untuk meningkatkan ketinggian lantai dan dilakukan pemasangan lantai keramik pada satu sisi koneksi sekolah agar terlihat lebih indah.  Kini lokasi sekolah SMA SWASTA HKBP SIDORAME Medan lebih indah dan asri. Kegiatan ini dimulai pada bulan Juni hingga Agustus 2021.

Penanaman pohon bertajuk sempit juga dilakukan karena keterbatasan lahan yang ada. Hadirnya tanaman hijau akan mempercepat proses absorbsi air ke dalam tanah ketika hujan. Pengelolaan lingkungan sekolah dengan menanam berbagai tanaman hias akan memperindah sekolah. Prof. Dr. Ir. Noverita Sprinse Vinolina, M.P. menyampaikan bahwa dengan menanam pohon dapat menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan hijau.  Perilaku hidup bersih dan sehat akan berdampak bagi kesehatan jasmani maupun rohani bagi seluruh warga sekolah di SMA SWASTA HKBP SIDORAME Medan.  Kebersihan dan keindahan menjadi faktor pendukung tumbuh kembang optimal. Semoga Program Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Sumatera Utara membawa manfaat bagi warga sekolah SMA SWASTA HKBP SIDORAME Medan.

Kegiatan pembongkaran paving blok dimana kondisi sebelumya pori tanah tertutup sehingga bila hujan turun, air tidak cepat meresap yang menyebabkan banjir atau genangan air di sekitar sekolah. Solusi pembuatan biopor adalah alternatif yang dilakukan saat pemasangan paving blok.

Renovasi jalur masuknya air yang sering menjadi akses masuknya air ke wilayah sekolah dengan menaikkan ketinggian lantai melalui pengecoran dan pemasangan keramik dilakukan dengan menambah ketinggian sekitar 20-25 cm, renovasi pintu pagar sekolah yang rusak.  Permasalahan banjir dan genangan air di areal lintas warga sekolah menjadi tidak tergenang lagi sehingga permasalahan dapat diatasi.  

 

Noverita2

Sebelum renovasi

 

noverita3

Renovasi lantai, pengecoran dan pemasangan keramik, perbaikan pintu besi

 

noverita4

Penghijauan di areal sekolah (I)

 

noverita5

Penghijauan di areal sekolah (II)

 

Kegiatan Pengabdian masyarakat di sekolah ini berlangsung secara daring maupun luring, dimana dalam kegiatan ini hadir yang mewakili siswa dan para guru serta Yayasan.  Kegiatan ini diisi dengan pemberian motivasi kepada warga sekolah  oleh Prof. Dr. Ir. Noverita Sprinse Vinolina, M.P. dan Dr. Martha Rianna, S.Si.  

 

noverita6 min

Kegiatan Sosialisasi dan Motivasi Bersama Guru-Guru dan Siswa yang diadakan baik secara luring maupun daring

 

noverita7 min

Kegiatan Sosialisasi dan Motivasi Bersama Guru-Guru dan Siswa yang diadakan baik secara luring maupun daring

 

Pihak sekolah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor Universitas Sumatera Utara, Bapak Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si. melalui Lembaga Pengabdian pada Masyarakat atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan kepada SMA Swasta HKBP Sidorame, Medan.